Tentang kartu ucapan selamat | Kartu ucapan selamat

Kamis, 13 September 2007

Tentang kartu ucapan selamat

Kartu ucapan secara konvensional berupa selembaran kartu dalam berbagai macam bentuk ukuran, di design dari kertas tebal atau karton dan memiliki gambar sesuai tema kartu serta judul kartu. Kartu biasanya dilipat dua dengan bagian dalam berisi ucapan selamat atau pesan yang ditujukan kepada sang penerima.

Kartu ucapan biasanya dikirimkan atau diberikan pada kesempatan khusus, seperti hari ulang tahun, Idul Fitri, pernikahan, Natal, dan Hari Valentine. Kartu ucapan juga sering digunakan untuk menulis pesan bernada humor, persahabatan, cinta, simpati, atau sekadar mengucapkan terima kasih. Karangan bunga, parsel, atau kado juga sering disertai selembar kartu ucapan.

Kartu ucapan lazim dijual satu set dengan amplopnya, dan merupakan produk komersial berbagai perusahaan besar-kecil yang bergerak di bidang percetakan. Hallmark dan American Greetings merupakan produsen kartu ucapan terbesar di dunia.

Di Indonesia, kartu ucapan produksi lokal diwakili merek seperti Harvest produksi Harvindo Perkasa, Edwin's Gallery, dan IndoArt. Selain kartu buatan pabrik, kartu ucapan yang dilukis satu per satu oleh pelukis kartu juga dijual pedagang kaki lima. Ucapan pada kartu bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli dan ditulis dengan gaya menulis indah.

Kartu ucapan elektronik yang bisa dikirim dari situs web, MMS, dan pesan singkat melalui telepon genggam merupakan pesaing kartu ucapan konvensional. Dimulai dari pemilihan kartu ucapan sampai kartu diantar dengan jasa pos, kartu ucapan konvensional memerlukan persiapan lebih lama hingga bisa dikirim dan sampai di tangan penerima. Dibandingkan teks SMS dan kartu elektronik, tulisan pada kartu ucapan konvensional lebih mudah dibaca orang lanjut usia.

Memahami Kartu Lebaran

Kartu lebaran adalah kartu ucapan selamat merayakan Idul Fitri (Lebaran) yang dikirimkan kepada relasi, teman, dan sanak-saudara. Kartu Lebaran biasanya berhiaskan tema keagamaan seperti gambar masjid, beduk, dan ketupat. Pengiriman kartu lebaran melalui kantor pos biasanya mulai ramai dua minggu sebelum Lebaran.

Kartu lebaran yang dikirim melalui jasa pos mendapat saingan berat dari situs web yang menyediakan kartu Lebaran elektronik, MMS dan pesan singkat melalui telepon genggam. Kartu Lebaran termurah ditambah biaya perangko masih lebih mahal dibandingkan tarif SMS.

Kartu Natal

kartu ucapan yang dihiasi dengan gambar yang berkaitan dengan perayaan Natal. Tema gambar bisa beraneka ragam, mulai dari Kelahiran Kristus, Bintang Betlehem, Sinterklas, Pohon Natal, hingga manusia salju.Kartu Natal tersedia dalam bentuk satuan atau kemasan berisi sejumlah kartu dengan desain seragam atau berbeda-beda. Pada halaman dalam biasanya terdapat kalimat ucapan standar, walaupun ada kartu kosong yang harus ditulisi sendiri.Kartu Natal tradisional sekarang mendapat persaingan dari ucapan Natal dan Tahun Baru lewat surat elektronik atau pesan singkat melalui telepon genggam. PT Pos Indonesia memiliki layanan SMS-Pos yang memungkinkan pengiriman kartu ucapan tradisional melalui telepon genggam.

Sejarah

Kartu Natal komersial yang pertama dicetak di London atas perintah Sir Henry Cole di tahun 1843. Kartu dilukis John Callcott Horsley, menggambarkan sebuah keluarga termasuk seorang anak kecil yang terlihat sedang minum anggur. Ide mencetak kartu Natal terbukti cemerlang, sekitar 1.000 lembar kartu laku dijual dengan harga 1 shilling per lembar.

Pada mulanya kartu Natal buatan Inggris jarang menampilkan gambar-gambar bertema keagamaan atau musim dingin. Kartu lebih menonjolkan gambar bunga, peri dan gambar-gambar menarik lain yang mengingatkan musim semi. Kartu Natal berkembang menjadi berbagai macam ukuran dan bahan kertas. Berbagai macam gambar juga menjadi populer, seperti gambar binatang atau anak kecil yang lucu-lucu.

Louis Prang adalah seorang penerbit yang pertama kali mencetak kartu Natal komersial di Amerika Serikat. Kartu Natal yang diproduksinya begitu populer sampai muncul kartu tiruan berharga murah yang akhirnya menyebabkan Louis Prang bangkrut. Kepopuleran kartu pos sempat mengungguli ucapan selamat dalam bentuk kartu. Kepopuleran kartu Natal baru kembali di tahun 1920-an, dan kali ini dijual berikut amplopnya.

Tradisi mencetak kartu Natal kenegaraan dimulai Ratu Victoria di tahun 1840-an. Kartu Natal Gedung Putih pertama kali dicetak tahun 1953 semasa pemerintahan Presiden Dwight Eisenhower.

Kartu adalah sebuah objek kecil tipis datar, umumnya terbuat dari kertas tebal atau plastik. Kartu juga dapat mengacu kepada:
  • Kartu bisnis, sebuah kartu berukuran dompet yang mencantumkan informasi kontak seseorang
  • Kartu kredit, sebuah kartu plastik untuk pemesanan barang/jasa secara kredit
  • Kartu debit, sebuah kartu plastik untuk pemesanan barang/jasa menggunakan uang dari sebuah akun bank
  • Kartu ekspansi atau kartu komputer adalah peralatan keras komputer yang dipasangkan ke papan induk
  • Kartu identitas, sebuah dokumen identitas
  • Kartu permainan, sebuah kartu yang digunakan untuk permainan
  • Kartu pos, sebuah kartu untuk mengirim pesan tanpa menggunakan amplop
  • Kartu SIM, sebuah kartu pintar yang digunakan dalam ponsel
  • Kartu pintar, sebuah kartu plastik yang memiliki chip komputer

0 Comments:

Related Articles